loading...

Inilah Orang-orang Yang Celaka di Bulan Ramadhan, Semoga Kita Di Jauhkan.Naudzubillah Min Dzalik



iklan responsive


Ramadhan menggambarkan bulan mulia yang penuh dengan keutamaan. pada bulan ini pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, syetan dibelenggu dan juga amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya. pada bulan ini puasa diharuskan, yang salah satu keutamaannya merupakan ampunan dosa.

trik mengirit tagihan listrik sebanyak hampir 50 persen ditemui. klik gambarcara mengirit tagihan listrik sebanyak hampir 50 persen ditemui. klik gambartrik ini hendak kurangi tagihan listrikmu sampai separuhnyatrik ini hendak kurangi tagihan listrikmu sampai separuhnya
bacalah saat sebelum dihapus! berat kamu 89 kilogram? dapat jadi 55 kilogram! saat sebelum tidur harusbacalah saat sebelum dihapus! berat kamu 89 kilogram? dapat jadi 55 kilogram! saat sebelum tidur harustrik nge – hack mesin atm bocor di internet! bank – bank jadi panik.. . trik nge – hack mesin atm bocor di internet! bank – bank jadi panik.. .

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“barangsiapa yang berpuasa karna iman dan juga mengharap perhitungan pahala dari allah hendak diampuni dosa – dosanya yang telah lalu” (muttafaq ‘alaih)

tetapi, terdapat orang yang diucap rasulullah celaka walaupun berjumpa ramadhan. siapakah mereka?

sesuatu hari, kala rasulullah berposisi di mimbar, dia mengucapkan amin sebanyak 3 kali. kemudian teman bertanya, kenapa rasulullah mengucapkan amin. dia lalu bersabda:

إن جبريل عليه الصلاة والسلام عرض لي فقال : بعدا لمن أدرك رمضان فلم يغفر له قلت : آمين

sebetulnya jibril ‘alaihhi sholatu wasalam telah mendatangiku, setelah itu dia mengatakan: “celakalah orang yang menjumpai ramadhan tetapi dia tidak diampuni”. hingga saya menanggapi: “aamiin” (hr. hakim; shahih)

ini merupakan salah satu dari 3 perkataan jibril yang diamini rasulullah. kalau siapa menjumpai ramadhan tetapi dia tidak menemukan ampunan, berarti dia celaka.

siapa aja orang yang menjumpai ramadhan tetapi tidak menemukan ampunan? sebagaimana hadits di atas, ampunan atas dosa – dosa yang telah kemudian hendak dikasih kepada orang yang berpuasa ikhlas karna allah; imanan wahtisaban.

kesatu, orang – orang kafir. karna kekafirannya, mereka tidak bisa jadi berpuasa. kalaupun berpuasa, puasanya pula tidak diterima.

kedua, orang – orang muslim tetapi tidak berpuasa tanpa udzur syar’i. mengaku agamanya islam, tetapi tidak ingin berpuasa. sementara itu mereka tidak sakit, tidak lagi dalam keadaan bepergian, tidak lagi haid dan juga nifas, tidak pula menyusui.

ketiga, orang – orang muslim yang berpuasa, tetapi puasanya percuma. sampai – sampai dia tidak memperoleh ampunan.

kalangan ketiga ini terdiri dari orang yang puasanya tidak ikhlas, orang yang puasanya asal – asalan sampai – sampai tidak legal, dan juga orang yang puasanya cuma sekadar menahan lapar dan juga dahaga.

rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

رُبَّ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلاَّ الْجُوعُ

“betapa banyak orang yang berpuasa tetapi tidak memperoleh apa – apa menurutnya kecuali kerasa lapar” (hr. an – nasai dan juga ibnu majah)

di antara lain, mereka mengatakan keji, suka mengumpat, dan juga berbuat dusta.

الصِّيَامُ جُنَّةٌ ، فَلاَ يَرْفُثْ وَلاَ يَجْهَلْ ، وَإِنِ امْرُؤٌ قَاتَلَهُ أَوْ شَاتَمَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّى صَائِمٌ

“puasa merupakan perisai, hingga benda siapa lagi berpuasa janganlah mengatakan keji dan juga berteriak keras, bila seorang mencela ataupun mengajaknya bertengkar hendaklah ia berkata: saya lagi berpuasa” (muttafaq ’alaih)

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِى أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“barangsiapa tidak meninggalkan perkataan palsu dan juga pengamalannya, hingga allah tidak memiliki keperluan buat meninggalkan santapan dan juga minumannya (puasanya) ” (hr. bukhari)

mudah – mudahan kita tidak tercantum 3 kalangan yang celaka ini. kebalikannya, mudah – mudahan kita tercantum hamba – hambanya yang beruntung, yang menjumpai ramadhan dan juga memperoleh ampunannya.

allahu a’lam

( sumber: https:// islampopular. com/inilah-orang-orang-yang-celaka-di-bulan-ramadhan-naudzubillah-min-dzalik/ )

ikalan saiz 250





JOM DERMA IKHLAS KE :


loading...

0 Response to "Inilah Orang-orang Yang Celaka di Bulan Ramadhan, Semoga Kita Di Jauhkan.Naudzubillah Min Dzalik"

Post a Comment

loading...
'));