loading...

Keutamaan Dan Khasiat Bacaan Istighfar ( Astagfirullahaladzim Atau Astagfirullah) Dalam Kehidupan Sehari – Hari



iklan responsive


Fawwaz Alkhair Jauhari

Istighfar atau bacaan dan lafadz istighfar ini sudah tidak asing lagi bagi ummat muslim. Tapi apakah kita mengetahui keutamaan dan khasiat jika kita memperbanyak membaca istighfar??? Mungkin kita juga sudah sering mendengar kalau Rasulullah juga mengucapkan kalimat istighfar ini paling sedikitnya 100 x dalam 24 jam. Rasulullah saja sebagai kekasih Allah yang sudah ada jaminan surga terhadapnya masih rutin mengucapkan 100 x istighfar dalam sehari semalam. Lah bagaimana dengan kita yang manusia biasa ya…??? Mungkin kita juga belum memahami apa keutamaan dan kedahsyatan bacaan istighfar ini, sehingga kita hanya beranggapan kalau bacaan istighfar ( Astagfirullahaladzim Atau Astagfirullah) ini hanya sekedar memohon ampun saja kepada Allah atas apa-apa kesalahan yang telah kita lakukan.

Manusia merupakan makhluk yang tak terlepas dari yang namanya lupa maupun salah, tak jarang juga lalai dan sering berbuat maksiat yang tak mampu menahan godaan dari syaitan yang terkutuk. Maka dari itu, kita harus memproteksi diri dari semua itu dengan memperbanyak mengucapkan bacaan istighfar agar terlepas dari itu semua.

Cara Membaca Istighfar
Bacaan istighfar ini dapat dibaca kapanpun dan dimanapun kita berada. Dibaca sebanyak-banyaknya sedaya mampu kita guna memrpoteksi diri dari segala perbuatan yang dilarang oleh agama. Rasulllah bersabda kepada istrinya, Aisyah:
Jika kamu (merasa) berbuat dosa, maka beristighfar dan bertaubatlah kepada-Nya karena taubat dari dosa itu menyesal dan beristighfar. (HR. Bukhari, Muslim, Hakim, Baihaqi, dll)

Keutamaan dan Khasiat Bacaan Istighfar

Bacaan Istighfar Dapat Menghapus Dosa-Dosa Dan Memberi Jaminan Masuk Surga
Tidak jarang manusia yang melakukan kesalahan, baik itu disadari atau tidak, disengaja  dan tidak ataupun tidak disengaja. Hal ini sebenarnya perlakuan menzalimi diri sendiri dan merupakan suatu kebodohan bagi kita. Untuk itu, kita sangat membutuhkan maghfirah (ampunan) dari Allah SWT dengan memperbanyak mengucapkan istighfar. Tidak sedikit ayat yang memerintahkan manusia untuk memohon ampunan untuk menghapus dosa-dosa kita agar kita selamat dari api neraka.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda (yang artinya):
Setiap anak cucu Adam pasti pernah berbuat salah, dan sebaik-baik orang yang bersalah ialah orang yang banyak bertaubat.(HR. At-Tirmidzi, hasan)

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menzalimi diri sendiri, segera mengingat Allah, lalu memohon ampunan atas dosa-dosanya, dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa-dosanya selain Allah? Mereka pun tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui. Balasan bagi mereka ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Itulah sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal.”
(QS. Ali Imran : 133 – 136)

Dikatakan sebagai jaminan surga bagi orang yang gemar bristighfar karena dengan memperbanya istighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT akan menghapus mengampuni semua dosa-dosa yang telah kita lakukan.
Fawwaz Alkhair Jauhari
Rasulullah bersabda: Barang siapa yang membacanya disiang hari dengan meyakininya, kemudian mati sebelum malam, maka ia termasuk ahli surga. Dan barang siapa yang membacanya disore hari sementara ia meyakininya, lalu meninggal sebelum pagi hari maka ia termasuk ahli surga (HR. Bukhari

Subhanallah…

Istighfar juga merupakan sebuah kabar gembira bagi Allah SWT. Dengan kabar gembira yang kita sampaikan kepada Allah STW, maka Allah SWT pun akan mencintai hamba-Nya yang gemar melafalkan bacaan istighfar.

Sungguh, Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya daripada kegembiraan salah seorang dari kalian yang menemukan ontanya yang hilang di padang pasir.” HR.Bukhari dan Muslim)

Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS.al-Baqarah: 222). Rasulullah bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak berdosa.”(HR.Ibnu Majah)

Bacaan Istighfar Dapat Melapangkan Kesempitan, Melancarkan Rezeki, Membersihkan Hati
Susah hati ataupun kesempitan yang dialami setiap hamba itu dikarenakan seorang hamba tersebut jauh dari sang Khalik, sehingga kegembiraan dan kelapangan akan jauh darinya. Jika hati dalam keadaan tidak baik atau susah, bekerja dan mencari rezeki juga akan susah, karena suasana hati tidak mendukung dalam menyelesaikan setiap pekerjaan yang akan kita selesaikan. Dengan demikian, rezekipun akan menjauh dan hati akan semakin susah secara fisik maupun bathin. Untuk itu, bersegeralah bertaubat dengan memperbanyak bacaan istighfar untuk memberi ketenangan bathin dan membersihkan hati, agar dapat menjalani kehidupan dengan hati dan jiwa yang lapang. Jika hati sudah bersih, suasana hati akan senang, maka mencari rezeki akan lebih gampang karena semangat yang tidak pernah padam.

Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka,”(HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

Rasulullah bersabda,”Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersihlah hatinya.”(HR.Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi)

Mempermudah mendapat Keturunan (Anak)
Ilmu kesehatan juga mengatakan kalau faktor stres akan menghambat dan dapat mengganggu kesuburan baik pria maupun wanita. Memperbanyak istighfar dapat memberikan ketenangan dalam hati dan fikiran, sehingga dapat membantu proses kesuburan pria dan wanita dalam program kehamilan.

Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan  mengadakan kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai
(QS. Nuh, 11-12)

Menambah Kekuatan Dalam Segala Hal
Dan (Dia berkata): hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertaubatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu
(QS. Hud, 52)

Kekuatan yang dikatakan di sini menurut yang dijelaskan oleh Syaikh Dr. Abdullah As-Sadhan merupakan kekuatan yang bersifat umum seperti kekuatan kesehatan, akal dan pikiran termasuk syahwat.
Fawwaz Alkhair Jauhari

ikalan saiz 250





JOM DERMA IKHLAS KE :


loading...

0 Response to "Keutamaan Dan Khasiat Bacaan Istighfar ( Astagfirullahaladzim Atau Astagfirullah) Dalam Kehidupan Sehari – Hari"

Post a Comment

loading...
'));