loading...

Hikmah Dan Manfaat Bangun Subuh Menurut Islam..IN SHA ALLAH..



iklan responsive


Pagi merupakan awal di mana di mulainya kehidupan baru bagi setiap makhluk hidup. Di katakan awal kehidupan karena tidak ada yang bisa menjamin kelanjutan kehidupan di saat tidur. Tidur itu merupakan simulasi kematian, karena pada saat tidur orang tidak sadarkan diri hingga ia bangun kembali. Allah juga sudah menjelaskan dalam Al-Qur’an yang artinya:
Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa yang belum mati di waktu tidurnya, maka dia tahanlah jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan, sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir
(Az Zumar: 42)

Dialah yang menjadikan untukmu malam (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk berusaha
(Al Furqan:47)

Doa ketika bangun tidur juga menjelaskan tentang tidur itu ibarat kematian yang artinya:
Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah mati (membangunkan kami dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan

Bangun setelah tidur ini banyak menjadi masalah bagi sebagian besar orang, karena mereka merasakan betapa sulit dan beratnya bangun tidur sebelum waktu subuh tiba. Hal ini merupakan kebiasaan sepanjang hidup Rasulullah SAW yang setiap hari bangun ketika waktu subuh belum tiba. Banyak sekali manfaat yang di rasakan ketika kita mampu untuk bangun dan memulai aktivitas sebelum subuh. Dan kebiasaan bangun subuh ini merupakan kebiasaan orang-orang sukses dalam hidupnya. Salah satu permasalah sulitnya bangun subuh ini di karenakan waktu tidur selalu terlambat. Artinya sering tidur larut malam dan akhirnya akan bangun ketika matahari sudah tinggi. Kebiasaan ini akan  menjadikan tubuh terasa lemas, pusing dan lain sebagainya. Faktor lain yang menjadikan sulitnya bangun subuh ini mungkin kita tidak mengetahui dan memahami betapa banyak manfaat ketika kita berhasil untuk membiasakan bangun subuh.

Malaikat Akan Berdoa Kepada Allah Bagi Orang Yang Bangun Subuh
Orang yang membiasakan dirinya untuk bangun subuh akan memasukkan dirinya ke dalam daftar orang yang akan mendapatkan doa dari Malaikat sesuai dengan sabda Rasulullah:
Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak’. Dan lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit
Fawwaz Alkhair Jauhari
(H.R. Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah)

Bangun subuh itu barokah, karena pada saat itu keadaan jiwa dan raga belum mengalami yang namanya letih, sehingga ini merupakan waktu yang paling baik untuk kita mulai bekerja.

Memicu Datangnya Rezeki
Ada istilah orang lama mengatakan rezeki di patok ayam. Hal sesuai dengan sabda Rasulullah, yaitu
Tidur selepas subuh itu akan mewarisi kepapaan". (kepapaan adalah puncak segala macam kesulitan dan kesusahan)

Ayam saja tidak mau ketinggal dalam mencari rezeki, sehingga ayam menjadi simbol dalam masuknua waktunya subuh. Masa ia kita sebagai ciptaan yang paling sempurna kalah dengan ayam… malu lah . . . (hehe).

Bangun Subuh Menurut Medis
Dr. Muslim Nathin mengatakan bahwa bangun di awal waktu itu dapat menghindarkan seseorang dari serangan penyakit kardiovaskular (gangguan jantung). Hal itu disebabkan karena pada waktu subuh, udara belum tersentuh dengan polusi, dan waktu ini merupakan suatu momentum yang sangat baik bagi paru-paru untuk menghirup udara segar dan murni yang dilanjutkan dengan shalat subuh serta olahraga ketika berjalan hendak melakukan shalat subuh berjamaah ke mesjid. Dr. Alexander Bruce juga mengatakan bahwa pada waktu subuh itu gas ozon mengandung oksigen pada titik puncak dan akan menipis dengan perlahan-lahan seiring dengan terbitnya matahari. Gas ozon ini sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat yang didapat dari gas ozon itu diantaranya dapat mencegah dan menghidarkan kerusakan pada paru-paru, merangsang seluruh urat syaraf agar dapat bekerja dengan baik sehingga dapat menghindarkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, dan akhirnya akan dapat meningkatkan kekebalan dan kualitas tubuh.

Menghirup udara segar pada saat subuh akan meningkatkan kecepatan mengalirna darah menuju otak, maka otak juga akan memperoleh asupan oksigen segar melalui aliran darah yang kaya akan oksigen. Dengan demikian, kinerja otak akan meningkat dan kecerdasan juga akan didapat dengan membiasakan bangun subuh.

Menghindarkan Berbagai Macam Penyakit
Menghirup udara subuh akan membantu tubuh dalam proses pembentukan antibodi. Dengan demikian, sistem imun akan meningkat dan tubuh akan mampu dengan mudah untuk membunuh dan menolak berbagai macam penyakit yang ingin menyerang tubuh. Selain udara segar, sinar matahari pagi juga sangat baik untuk untuk kesehatan tulang. Karena sinar matahari pagi kaya akan kalium. Pada saat itu, tubuh akan menyerap banyak kalium yang berfungsi untuk menghindarkan tulang dari kerapuhan maupun tulang keropos.

Kandungan vitamin D pada sinar matahari pagi akan mengupas sel yang mati dan menjauhkan wanita dari serangan kanker payudara. Selain vitamin D dan Kalium, sinar matahari pagi juga mengandung kalsitriol yang berfungsi pada proses metabolisme tubuh.

Relaksasi Tubuh
Menghirup udara subuh hingga pagi hari dapat menciptakan energi positif dalam tubuh. Hal ini akan membangkitkan semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan demikian, produktivitas juga akan meningkat seiring dengan terciptanya mood yang bagus dalam diri. Hormon serotonin yang berfungsi untuk menjadikan mood maupun suasana hati yang baik akan terbentuk ketika hati dalam suasana yang tenang dan seimbang dengan mental positif ketika menghirup udara segar. Pada saat itulah yang disebut kita akan menyatu dengan alam
Fawwaz Alkhair Jauhari

ikalan saiz 250





JOM DERMA IKHLAS KE :


loading...

0 Response to "Hikmah Dan Manfaat Bangun Subuh Menurut Islam..IN SHA ALLAH.."

Post a Comment

loading...
'));