loading...

Hukum Membaca Yasin di Kuburan Dalam Islam. Jangan Pandang Ringan.



iklan responsive


Membaca Alqur’an adalah salah satu ibadah yang dianjurkan bagi umat islam. Berbagai manfaat membaca alquran dalam kehidupan dapat diperoleh jika seorang muslim rutin melakukannya (baca juga manfaat membaca Alqur’an bagi ibu hamil). Alqur’an sebagai kitab suci umat islam bisa dibaca dimana saja dan kapan saja asalkan memenuhi adab membaca Alqur’an yang baik dan sebaiknya diawali dengan berwudhu. (baca cara berwudhu yang benar)

Terlepas dari kegiatan membaca Alqur’an, kita mengetahui bahwa masyarakat Indonesia gemar membaca salah satu surat dalam Alqur’an pada waktu tertentu yakni surat yasin. Surat Yasin biasa dibacakan pada malam jum’at, pada orang yang sakaratul maut dan juga saat seseorang berziarah ke makam (baca tata cara ziarah kubur dan hukum ziarah kubur) Tak jerang juga kita melihat orang-orang secara berjamaah membacakan yasin disuatu makam. Lalu bagaimanakah sebenarnya hukum membaca yasin dikuburan atau disuatu makam? simak penjelasan berikut ini. (baca juga hukum membaca Alqur’an saat haid dan keutamaan membaca basmalah)

Hukum Membaca Yasin di Kuburan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa membaca surat yasin terutama membacakannya pada orang yang akan meninggal memiliki banyak keutamaan. Dalam surat yasin terkandung hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik oleh kaum muslimin apabil membacanya dengan ikhlas dan hanya mengharap ridha Allah SWT. Meskipun demikian, beberapa kalangan masih mempersoalkan tentang hukum membaca yasin di kuburan atau pada suatu makam. Beberapa ulama menyatakan bahwa membaca surat yasin dikuburan adalah bid’ah sementara ulama lain memperbolehkannya. Pendapat tersebut tentunya memiliki dasar dan penafsirannya masing-masing.

Larangan Membaca Yasin di Kuburan
Membaca yasin adalah salah satu hal yang dimuliakan namun beberapa ulama tidak menganjurkan untuk membaca yasin disisi kuburan karena hal tersebut merupakan bid’ah atau sesuatu yang tidak diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Hal ini sependapat dengan pernyataan Syaikh Ibnu Baz rahimahullah bahwa membaca Alqur’an disisi makam adalah bukan amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat islam karena rasul sendiri tidak pernah menganjurkannya sebagaimana para Khulafaur Rasyidin juga tidak pernah melakukannya. Membaca yasin atau Alqur’an sebagaimana ibadah lain seperti shalat (baca shalat wajib dan shalat sunnah) dilakukan dirumah atau dimasjid. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut

اجْعَلُوا مِنْ صَلاَتِكُمْ فِى بُيُوتِكُمْ وَلاَ تَتَّخِذُوهَا قُبُورًا

“Jadikanlah shalat kalian di rumah kalian dan jangan jadikan rumah tersebut seperti kubur” (HR. Bukhari no. 432 dan Muslim no. 777).

Hadits tersebut menjelaskan bahwa kuburan atau makam bukanlah tempat untuk melaksanakan ibadah seperti halnya shalat dan bukan juga tempat untuk membaca Alqur’an dalam hal ini termasuk surat Yasin. Jika seseorang melakukan ziarah kubur maka ia hanya dianjurkan untuk mengucapkan salam dan mendoakan para penghuni kubur tersebut. Rasulullah sendiri setalah selesai memakamkan seseorang, beliau senantiasa berdiri dan mendoakan sebagaimana hadits berikut ini

“Mintakanlah ampun bagi saudara kalian ini dan mohonkanlah baginya keteguhan. Sesungguhnya sekarang ini ia sedang ditanya.”

Keutamaan Membaca Surat Yasin
Surat yasin adalah salah satu surat yang paling banyak dibaca oleh umat muslim di Indonesia khususnya saat seseorang akan meninggal dunia dan setelah meninggal dunia biasanya masyarakat akan secara berjamaah membaca yasin untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dunia tersebut. (baca adab ziarah kubur dan hukum wanita haid ziarah kubur)

Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia pada khususnya juga membaca surat ini tatkala malam jum’at tiba. Surat yasin adalah surat ke 36 dalam alqur’an dan dalam surat ini ada 83 ayat. Banyak hal dan kisah yang terkandung dalam surat yasin dan siapa yang membaca surat yasin tentunya bisa mendapatkan keutamaan dari surat Yasin tersebut. Adapun keutamaan surat yasin yang merupakan surat Makiyah ini antara lain (baca juga ciri-ciri ayat makiyah dan madaniyah dan keutamaan ayat seribu dinar)

Membaca yasin sama seperti khatam Alqur’an 10 kali
Dalam suatu hadits disebutkan bahwa yasin adalah jantung Alqur’an dan membaca yasin sekali adalah sama dengan membaca Alqur’an sebanyak sepuluh kali.

“Segala sesuatu mempunyai jantung (hati), sedang jantung Al-Qur’an adalah surah Yasin, dan siapa saja yang membaca surah Yasin Allah swt. mencatat bacaannya seperti bacaan Al-Qur’an sepuluh kali” (Ad-Darimiy, At-Turmudzi dan Anas ra. dan Kanzul-Umal, Juz 112624)


Diampuni dosanya
Disebutkan dalam hadits bahwa barangsiapa yang membaca surat yasin setiap malam, akan diampuni dosa-dosanya

“Siapa membaca surah Yasin setiap malam ia diampuni” (Al-Baihaqy dalam Syi’abil Iman dan Abu Hurairah ra. dan anzul-Umai, Juz 1/2625)

“Siapa membaca surah Yasin di waktu malam, maka di waktu shubuh ia menjadi orang yang mendapatkan ampunan” (Abu Nu’aim dalam Al-Chilyab dan lbnu Ma’ud ra. dan Kanzul-Umal, Jua 112626)

Diampuni dosa orang  yang dibacakan yasin
Yasin biasa dibacakan saat seseorang sedang menghadapi maut atau sakaratul maut dan jika ia dibacakan yasin sebelum meninggal maka diampuni dosa-dosanya sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut

“Siapa saja membaca surah Yasin untuk mencari ridha Allah swt., maka Allah swt. mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu, maka bacalah itu oleh kalian di sisi orang-orang mati kalian” (Al-Baihaqy dalam Syi’abil Iman dan Mu’qil bin Yasar ra. dan Kanzul Umal, Juz 112629)

Dimudahkan kematiannya
Tidak hanya diampuni dosanya, orang yang sedang sakaratul maut apabila dibacakan yasin disisinya maka akan dimudahkan kematiannya tersebut. (baca fadhilah surat yasin yang luar biasa)

“Tiada seorang akan mati, lalu dibacakan surah Yasin di sisinya, kecuali AIIah swt. memudahkan kematiannya” (Abu Nu’aim dan Abu Danda’ dan Abu Dzar ra. dan Kanzul-Umal, Juz XV/42 186)


Pendapat Bolehnya Membaca Yasin di Kuburan
Meskipun sebagian besar ulama melarang membaca yasin dikuburan karena termasuk perbuatan bid’ah, ada beberapa kalangan yang menganggap bahwa membaca yasin di kuburan adalah boleh dan tidaklah mengapa. Hal ini didasarkan ada beberapa hadits berikut

”Barangsiapa yang memasuki pemakaman lalu membaca surat Yasin pada hari itu dia dapat keringanan dan baginya kebaikan.”

Dan juga disebutkan dalam hadits lainnya

“Barangsiapa menziarahi kubur kedua orang tuanya, lalu dia membaca di sisi keduanya atau salah satunya surat Yasin, maka dia akan diampuni sebanyak ayat atau huruf surat itu.”

Meskipun demikian, para ulama menganggap hadits tersebut adalah lemah dan tidak benar atau dianggap sebagai hadits palsu. Oleh karena itulah membaca yasin dikuburan tetap tidak diperbolehkan arena bukanlah suatu yang dianjurkan oleh Rasulullah padahal kita sebagai umat islam semestinya selalu mengikuti ajaran Rasulullah SAW tersebut sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut

“Wajib atas kalian berpegang tegus dengan ajaranku dan juga ajaran khulafaur rosyidin yang mendapatkan petunjuk. Gigitlah kuat-kuat ajaran tersebut dengan gigi geraham kalian” (HR. Tirmidzi)

Demikian penjelasan mengenai hukum membaca yasin di kuburan. Semoga Bermanfaat. Wallahu A’lam Bis shawab. (baca juga hukum wanita haid masuk masjid)

ikalan saiz 250





JOM DERMA IKHLAS KE :


loading...

0 Response to "Hukum Membaca Yasin di Kuburan Dalam Islam. Jangan Pandang Ringan."

Post a Comment

loading...
'));