loading...

8 Doa Mendapatkan Jodoh dan Rezeki Menurut Al-Qur’an



iklan responsive


Dalam Islam, jodoh, mati dan rejeki adalah tiga hal yang mutlak dimiliki oleh manusia yang diberikan atas kemurahan hati dari Allah subhana hua ta’ala. Namun begitu, ketiga hal tersebut harus diperjuangkan melalui doa dan usaha kepada Allah subhana hua ta’ala. (Baca juga: Cara Mendekatkan Jodoh dalam Islam; Cara Cepat Kaya Menurut Islam)

ads
Mati tidak bisa dihindari ataupun dipercepat karena waktu kematian setiap manusia adalah mutlak telah digariskan bahkan sejak kita masih berada di dalam kandungan dan tidak bisa dirubah-rubah dengan cara apapun. namun kita selaku manusia bisa mengupayakan kesehatan maupun memaksimalkan pengobatan di dunia dengan cara menjalani pola hidup sehat hingga melewati operasi untuk menyembuhkan penyakit yang diderita sehingga kehidupan kita di dunia lebih nyaman untuk dijalani dan bermanfaat bagi orang lain. (Baca juga: Doa untuk mendapatkan Jodoh dalam Islam; Penyebab Terhalangnya Jodoh dalam Islam)

Jodoh adalah pasang hidup manusia di dunia. Setiap manusia memiliki jodohnya masing-masing dan tidak akan tertukar karena Allah langsung yang akan memastikan kita berpasangan dengan jodoh yang telah dipersiapkan oleh-Nya. Namun demikian, untuk mendapatkan jodoh yang baik,kita juga harus mengupayakannya dengan cara berdoa dan beriktiar kepada Allah subhana hua ta’ala. Karena jodoh adalah cerminan diri kita yang juga sekaligus sebagai pelengkap serta penyempurna kehidupan kita. Jika kita berusaha memperbaiki diri untuk mendapatkan jodoh yang baik maka jodoh kita yang entah siapa dan ada dimana juga akan memperbaiki dirinya melalui pertolongan dari Allah sehingga suatu saat nanti kita akan dipertemukan dalam kondisi diri yang baik dan sangat layak untuk menjadi pendamping hidup kita nanti. (Baca juga: Menjaga Hati Dalam Islam agar Ikhlas dan Tenang; Tawakal Dalam Islam)

Begitupun dengan rejeki, sumber harta dan sumber kebahagian kita di dunia telah kita miliki bahkan sejak kita mulai hidup di dalam kandungan. Allah meniupkan roh bersamaan dengan rejeki yang nanti akan menjadi sumber kehidupannya di dunia pada janin yang dikandung oleh seorang ibu. Rejeki tidak melulu soal harta dan tahta tapi juga rasa syukur, nikmat dan kebahagiaan dalam hidup juga merupakan rejeki yang Allah limpahkan untuk kita seperi rejeki pertemanan, kesehatan,  dan lainnya. (Baca juga: Doa Mujarab Untuk Dagang agar Lancar; Hukum Silaturahmi Menurut Islam)

Do’a Agar dilapangkan Jodoh dan Rezeki
Artikel kali ini akan membahas tentang Doa Mendapatkan Jodoh dan Rezeki Menurut Al-Qur’an. Karena dari doa yang selalu kita panjatkan tidak hanya akan membuat keinginan kita terkabul akan tetapi lebih dari itu adalah dapat membuat kita lebih dekat kepada Allah subhana hua ta’ala. Allah selalu menyukai hamba-Nya yang senantiasa merendah dan memohon kepada-Nya.

Surat ali ‘Imran ayat 3 dan surat al-Anfal ayat 40
Doa untuk mendapatkan rejeki dan jodoh terselip dalam beberapa surat al-Quran. Salah satunya adalah doa yang terselip di antara Surat ali ‘Imran ayat 3 dan surat al-Anfal ayat 40. Kombinasi dari kedua surat ini sangat dianjurkan untuk dibaca sesering mungkin, yang berbunyi:

“Hasbunallooh wani’mal wakiil ni’mal maula wani’man nashiir”.

Artinya:

“Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong”. (Q.S. Ali ‘Imran:173 & al-Anfal: 40).

(Baca juga: Manfaat Tawakal Kepada Allah SWT; Ayat Alquran Untuk Melupakan Seseorang)


Surat al-Furqan ayat 74
Surat al-Furqan juga sangat dianjurkan untuk dibaca sesering mungkin sebagai doa untuk mendapatkan rejeki dan jodoh, surat ini berbunyi:

“robbanaa hablanaa min azwaajinaa wadzurriyyaatinaa qurrota a’yun waj ‘alnaa lil muttaqiina imaamaa”.

Artinya:

“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri2 kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang2 yang bertakwa”. (Q.S. al-Furqan: 74)

(Baca juga: Ciri-Ciri Wanita Penghuni Surga; Amalan Sebelum Tidur Menurut Rasulullah)

Surat al-Qasas ayat 24 (Doa Nabi Musa as)
Doa Nabi Musa adalah salah satu doa yang paling terkenal dan sudah banyak diamalkan oleh banyak orang. Doa inilah yang selalu direkomendasikan untuk menapatkan rejeki dan jodoh dari Allah subhana hua ta’ala. Dalam sejarahnya dikisahkan bahwa Nabi Musa selalu membaca doa ini hingga kemudian ia didatangi oleh calon istrinya sekaligus juga mendapatkan pekerjaan sebagai sumber kegiatan dan penghasilannya.

Doa ini berbunyi:

“Rabbiy Inniy limaa anzalta ilayya min khairin faqir”

Artinya: Wahai Tuhan, sungguh aku sangat faqir atas pemberian anugerah Mu. (Qs. Al-Qasas:24)

(Baca juga: Keutamaan Sedekah Dalam Islam; Keutamaan Shalat Istikharah)

Membaca dzikir “Subhanallahi wabihamdih”
Dzikir juga merupakan salah satu bentuk doa yang bisa kita panjatkan karena sejatinya segala bentuk ibadah dan amalan sholeh kita adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan untuk mendapatkan keridhaan dari-Nya sehingga Allah akan memperlancar segala urusan kita di dunia dan di akhirat nanti. (Baca juga: Amalan Dzikir Pembuka Rezeki Mustajab; Doa Memikat Hati Pria Dalam Islam)

Untuk mendapatkan jodoh dan rejeki, bacalah dzikir Subhanallahi wabihamdih sebanyak 100 kali setiap pagi dalam keadaan suci.

Nabi saw bersabda: “Barangsiapa membaca Subhanallahi wabihamdih 100X setiap harinya maka berjatuhan dosa dosanya walau sebanyak buih di lautan” (Shahih Bukhari)

Kemudian sabda Rasulullah saw : “Kalimat yg paling dicintai Allah adalah Subhanallahi wabihamdih”. (Shahih Muslim)

Membaca surat al-Quraisy
Surat al-Quraisy adalah salah satu surat yang dapat dijadikan sebagai doa untuk melancarkan rejeki dan mempercepat kedatangan jodoh kita. Rutinlah membaca surat ini sebanyak 21 kali setiap harinya untuk mendapatkan keberkahan kemudahan rejeki, kebahagiaan dan keamanan dari segala yang dirisaukan. (Baca juga: Keutamaan Sabar Dalam Islam; Ciri-ciri Orang Munafik Dalam Islam)

Membaca surat al-Insyirah
Surat al-Insyirah mengisahkan tentang bagaimana Allah senantiasa memberikan solusi dari setiap masalah yang dihadapi manusia. Surat ini juga merupakan salah satu surat yang kerap direkomendasikan untuk dijadikan sebagai doa memperlancar rejeki dan jodoh dengan cara membacanya sebanyak 152 kali setiap hari kelahiran puasa, malam setelah shalat isya. kemudian jika kebetulan hari kelahiran kita jatuh pada hari Jumat, maka bisa disambung dengan puasa sunnah hari Kamis. (Baca juga: Doa Ketika Rindu Seseorang Dalam Islam; Cara Mensyukuri Nikmat Allah SWT)

Doa untuk mendapat istri yang baik
Semakin matang usia dan kehidupan seseorang maka semakin wajib ia untuk menyempurnakan separuh agamanya yakni dengan menikah. Bagi laki-laki yang sedang menanti datangnya jodoh sangat dianjurkan untuk membaca doa ini, yang berbunyi:

“Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuha wa atazawwaj biha watakuna shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Artinya:

“Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”.

(Baca juga: Doa Memikat Wanita Dalam Islam; Hukum Menyakiti Hati Wanita Dalam Islam)

Doa untuk mendapat suami yang baik
Tak hanya lelaki yang diwajibkan berusaha untuk mendapatkan jodohnya tapi perempuan juga diharuskan berdoa dan berikhtiar untuk mendapatkan suami yang baik. Bagi para wanita sholehah yang tengah menanti kedatangan jodohnya yang sholeh, sangat dianjurkan membaca doa ini, yang berbunyi:

“Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban wayakuuna shoohiban lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh”.

Artinya:
“Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat”.

(Baca juga: Cinta dalam Diam Menurut Islam; Doa di Bulan Ramadhan)

Demikianlah doa-doa untuk mendapatkan rejeki dan jodoh yang bisa kita amalkan. Semoga artikel ini dapat menambah khazanah keilmuan dan keimanan kita semua. Amin.

ikalan saiz 250





JOM DERMA IKHLAS KE :


loading...

0 Response to "8 Doa Mendapatkan Jodoh dan Rezeki Menurut Al-Qur’an"

Post a Comment

loading...
'));